Tuesday, February 14, 2012

Belanja Online ???

Internet merupakan hal yang lazim kita dengar di zaman sekarang ini, tak hanya dikalangan muda tapi orangtua, anak-anak bahkan kakek-nenek yang tak jarang menggunakkan internet dalam aktifitas mereka. Meskipun cuma untuk sekedar facebook'an atau cuma main game online, namun intensitasnya membuka jejaring sosial sangat tinggi.
Hal itu membuat banyak orang memanfaatkan internet sebagai salah satu peluang bisnis. yaah... Bisnis online yang sekarang merajalela di beranda facebook, twitter, yahoo, dsb. Oleh sebab itu, tak perlu dipungkiri kalau banyak orang berbondong-bondong mengguluti bisnis yang satu ini dibandingkan sales shop, sebab untuk bisnis online kita tidak memerlukan modal yang besar. Sedangkan internet user juga senang dengan perkembangan bisnis yang satu ini.
Nah, ada beberapa keuntungan bagi kalian yang suka berbelanja Online, antara lain :


  • Menghemat waktu karena kita cukup browsing ataupun mengklik link diberanda sosial media kita (facebook, Twitter, yahoo/gmail dll)
  • Bagi para businessman, wanita karir, atau siapa pun yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja (shopping) tidak perlu pusing untuk mencari waktu agar bisa membeli baju.Terutama saat ada acara mendadak yang memerlukan kesesuaian kostum. belnja online akan berperan.:)
  • Kita dapat lebih update memperoleh informasi tentang baju dsb yang sekarang lagi trend (the new fashion)
  • Terkadang harganya lebih murah dari pembelian di toko.
  • Kita dapat menjangkau trend baju dsb secara global.
  • Kita dapat melihat perbandingan harga dan model
Namun, belanja online juga ada kekurangan, antara lain :
  • Barang yang kita lihat di tampilan tidak sesuai dengan kenyataannya. berdasarkan pengakuan para pelanggan online bahwa saat mereka lihat foto gambarnya bagus sekali tapi saat mereka terima barangnya, malah gak bagus. :(
  • Selain itu tak jarang, barang yang dibeli tidak sesuai dengan keinginan pelanggan
  • Kualitas barang seperti jenis bahan pada baju dll tidak sesuai dengan pengakuan penjual online dan cukup banyak juga barang yang dibeli cacat.
  • Penjual juga banyak yang berbohong mengenai barang yang mereka jual. hehe.. itu pasti karena tak mau kehilangan pelanggan. Bahkan tak sedikit dari mereka adalah penjual'jualan alias penipu. Hal ini berdasarkan fakta orang-orang yang telah kehilangan sejumlah uang atas penipuan belanja online. Contohnya saat melihat foto baju penjual mengatakan bahwa itu adalah sweater, tapi setelah membayar dan menerima bayar ternyata hanya baju kaos biasa yang sangat tipis bahannya. Ada pula yang telah membayar namun tidak memperoleh barang ataupu barang yang dibilang original tapi tahu-tahunya malah tiruan yang mirip asli.
Itu sebabnya bagi teman-teman yang suka berbelanja online harus lebih berhati-hati dan teliti.
semoga bermanfaat ya.... Trim's^_^

No comments:

Post a Comment