Wednesday, February 22, 2012

"Peluang Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari"

Dalam pelajaran matematika, peluang diartikan juga sebagai kemungkinan, maksudnya kemungkinan disini adalah berapa besar kemungkinan angka yang akan muncul. Misalnya : (A+B)+(A+B), dapat terjadi beberapa kemungkinan yaitu (2A+AB)+(AB+2B) = 2A+2B+2AB. artinya peluang untuk huruf A sebanyak 2x (dua kali), huruf B sebanyak 2x (dua kali) dan AB sebanyak 2x (dua kali). Itu
sekilas mengenai peluang dalam matematika.
Sementara itu, kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya peluang dalam matematika itu memiliki implementasi dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah lulus SMA/SMK kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan yaitu, kuliah, kerja, kursus, menganggur atau nikah. Jika kita memilih untuk kuliah maka kita akan bingung memilih universitas mana yang akan kita pilih. Sehingga, tak sedikit dari mereka mendaftar lebih dari satu universitas. Jika kita diterima disemua universitas yang kita daftar maka kita sangat bersyukur namun dilema yang sangat teramat dalam pasti sangat kita rasakan. Apagi jika hampir semua universitas tersebut kita memperoleh beasiswa full. Itulah peluang bagi orang-orang yang memiliki prestasi yang sangat baik dibidang akademik.
Oleh sebab itu, mereka tidak tahu apa kelebihan mereka karena rata-rata nilai mereka semuanya tinggi.Banyaknya peluang membuat kita sewaktu-waktu sangat bingung dalam menentukan pilihan. Salah dalam menentukkan pilihan dapat membuat kita masuk dalam jurang, sebaliknya kita akan memperoleh kesuksesan jika pilihan yang kita pilih tepat. Berbeda dengan orang yang hanya memiliki satu pilihan, mau tidak mau dia hanya memilih satu pilihan tersebut dan akan berusaha keras dengan sungguh-sungguh. Kecuali jika dia berani mengambil resiko untuk mencari jalan lain. Namun, tak selamanya jalan lain yang kita pilih itu benar justru sebaliknya jalan lain yang kita pilih itu sering berbuah penyesalan karena melewatkan satu peluang didepan mata. hal ini juga sama dengan contoh lainnya.

No comments:

Post a Comment